Calung Tarawangsa Cibalong Tasikmalaya

0 1631
banner 468x60
banner 160x600

tasikmalaya

Calung Tarawangsa merupakan jenis musik tradisional yang terdapat di Desa ParungKecamatan Cigelap dan Kecamatan Cibalong Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat.Calung Tarawangsa Cibalongan telah ada sejak abad ke 18. Pada masa dahulu kesenianyang terdiri dari kacapi, tarawangsa dan dua calung renteng tersebut dimainkan selainuntuk menghormati Dewi Sri, juga untuk menyambut kedatangan raja atau utusan rajaThailand yang berkunjung ke kerajaan Sukapura (Tasikmalaya) atau Galuh (Ciamis),”Kesenian Calung Tarawangsa Cibalongan, hingga kini di Kab. Tasikmalaya hanya tinggalsatu-satunya, yaitu sanggar seni “Dangiang Budaya”, asal Kamp. Cigelap, Ds. Parung,Kec. Cibalong, Kab. Tasikmalaya.

Calung adalah alat musik Sunda yang merupakan prototipe (purwarupa)dari angklung. Berbeda dengan angklung yang dimainkan dengan cara digoyangkan,cara menabuh calung adalah dengan memukul batang (wilahan, bilah) dari ruas-ruas(tabung bambu) yang tersusun menurut titi laras (tangga nada) pentatonik (da-mi-na-ti-la). Jenis bambu untuk pembuatan calung kebanyakan dari awi wulung (bambuhitam), namun ada pula yang dibuat dari awi temen (bambu yang berwarna putih).

Kesenian ini biasanya digunakan dalam upacara potong padi untukmemberikan sembahan kepada Dewi Sri selaku Dewi Padi agar senantiasa diberikelancaran dalam pertanian.Selain itu kesenian ini juga digunakan untuk menghibur orang-orang dari Thailandyang berkunjung ke kerajaan Sukapura. Maka tak heran apabila nyanyian-nyanyiandalam kesenian Calung Tarawangsa ini lebih mirip kepada nyanyian-nyanyian yangberasal dari daerah Thailand.Seiring dengan berkembangnya jaman kesenian ini juga tidak hanya digunakan untukupacara potong padi saja, tapi sering juga digunakan pada acara-acara pernikahanataupun upacara khitanan. Bahkan beberapa orang meyakini bahwa CalungTarawangsa ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Category: Sosial Budaya
Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Calung Tarawangsa Cibalong Tasikmalaya"